Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran think talk write (TTW) dengan pendekatan scientific literacy, (2) mengetahui aktivitas peserta didik dalam pembelajaran dengan model pembelajaran TTW dengan pendekatan scientific literacy, (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran TTW dengan pendekatan scientific literacy dilihat dari keterampilan presentasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Seluruh peserta didik kelas VIII MTs Darul Huda Ponorogo merupakan populasi dalam penelitian ini. Sedangkan peserta didik kelas VIII X dan VIII Y MTs Darul Huda Ponorogo merupakan sampel dalam penelitian yang dilakukan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui angket. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa: (1) pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah dalam kategori yang sangat baik karena sudah sesuai dengan sintaks model TTW, (2) aktivitas peserta didik juga sudah sangat baik karena peserta didik dalam pembelajaran memiliki antusias yang sangat tinggi, (3) untuk model pembelajaran TTW dengan pendekatan scientific literacy efektif terhadap keterampilan presentasi. Hal ini ditinjau dari keterampilan presentasi peserta didik di kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi daripada di kelas kontrol. Hal ini terbukti berdasarkan uji T bahwa nilai mean model TTW sebesar 52,47, sedangkan model ceramah memiliki nilai mean sebesar 36,23.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022