Jurnal Pendidikan
Vol 31, No 1 (2022)

UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI PERMAINAN PANGGUNG CERITA

Eko Walyani (Universitas Negeri Semarang)
Diana Diana (Unknown)
Deni Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2022

Abstract

Alasan dari penelitian ini adalah perkembangan bahasa anak di TKIT Al Qudwah yang belum sesuai dengan standar yang diharapkan. Adapun tujuannya untuk menganalisis peningkatan perkembangan bahasa anak melalui permainan panggung cerita. Metode yang digunakan dengan action research yang dilaksanakan melalui empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Tolak ukur keberhasilan adalah apabila ketuntasan belajar mencapai 80%. Hasil dari penelitian ini adalah sebelum dilakukan tindakan (pra siklus) ketuntasan belajar hanya 20%, setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I hasil ketuntasan belajar meningkat menjadi 44,4%, ketuntasan belajar pada siklus II mencapai target keberhasilan yaitu 88,9 %. Implikasinya  dalam dunia pendidikan bahwa metode ini dapat diterapkan dalam pembelajaran di PAUD untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak.Kata kunci :   bahasa, panggung cerita, peningkatan, perkembangan 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...