Jurnal Pendidikan Sains
Vol 9, No 1: March 2021

The Relationship between Critical Thinking Skills and Biology Creative Thinking Skills for High School Students in the Think Pair Share (TPS) Learning Model

Fandi Tri Fajar Cahyo (Biology education-Universitas Negeri Malang)
Herawati Susilo (Biology education-Universitas Negeri Malang)
Sulisetijono Sulisetijono (Biology education-Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2022

Abstract

Abstract: Critical thinking enables students to process information logically, creative thinking brings out imaginative ideas. Both can be empowered by applying the Think Pair Share (TPS). This research is a quasi-experimental design involving students of grade 10 and 11 SMAN 9 Malang. Aspects of critical and creative thinking skills are measured using essay tests. To show the relationship between critical and creative thinking skills and the contribution, regression analysis was carried out. The results showed that there was a significant relationship between critical and creative thinking.Abstrak: Berpikir kritis memungkinkan siswa untuk memproses informasi secara logis, sedangkan berpikir kreatif memunculkan ide yang imajinatif. Kedua berpikir kritis dan kreatif dapat diberdayakan dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share(TPS). Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen pada siswa kelas 10 dan 11 SMAN 9 Malang. Aspek berpikir kritis dan berpikir kreatif diukur menggunakan soal tes essay. Untuk mengungkap hubungan berpikir kritis dan kreatif dan besar sumbangan, dilakukan analisis regresi. Hasil menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara berpikir kritis dan berpikir kreatif. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains (JPS) terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember, berisi artikel-artikel tentang pendidikan sains baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran. Jurnal Pendidikan Sains ...