Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol 6, No 12: DESEMBER 2021

Profil Motivasi Siswa SMK dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Rama Kurniawan (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Malang)
Febrita Paulina Heynoek (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Malang)
Difah Dwi Anggraeni (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

Abstract: This study aimed to analyze the motivation of students in participating in physical education Learning. This research used a survey that involved 659 samples. The test instrument was an online-based questionnaire (google form). The results of the motivation analysis data showed that the highest intrinsic motivation category is 24%, and the Amotivation category showed the lowest percentage is 16%. Thus it could be concluded that of the five categories that have been studied, intrinsic motivation was higher than other indicators. this indicated that there are still many students who take part in this physical education learning activity without compulsion.Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk menganalisis motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Penelitian ini menggunakan metode survei dengan melibatkan 659 sampel. Instrumen tes yang dipilih adalah menggunakan angket berbasis online (google form). Hasil data analisis motivasi siswa menunjukkan bahwa kategori intrinsic motivation paling tinggi sebesar 24%, dan kategori amotivation menunjukkan persentase yang paling rendah sebesar 16%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari kelima kategori motivasi yang telah diteliti, intrinsic motivation lebih tinggi dibanding kategori motivasi yang lainnya. Hal ini memperlihatkan bahwa masih banyak siswa yang termotivasi dari dalam dirinya sendiri untuk mengikuti kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani ini tanpa adanya keterpaksaan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...