Jurnal Bindo Sastra
Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Bindo Sastra

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA

Suryadi, Edi (Unknown)
Milawasri, F A (Unknown)
Lustina, Lustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMK Negeri Unggul 2 Banyuasin III. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 48 siswa yang terdiri dari 24 siswa kelas XI. MM1 sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa kelas XI. ATP 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes menulis teks prosedur pada kedua kelompok. Uji persyaratan analisis digunakan uji normalitas, homogenitas, paired samples test, dan uji hipotesis data. Analisis data dihitung menggunakan komputer program SPSS versi 22.0. Berdasarkan hasil analisis melalui uji-t Paired sample test, diketahui bahwa nilai t hitung kelas eksperimen lebih tinggi 9,14 jika dibandingkan dengan nilai t hitung kelas kontrol 6,8. Selain itu, hasil uji t (independent sampel t test) diketahui bahwa nilai t hitung data posttest adalah 7.390 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2.069 masing-masing df 46 dan ? = 0,05, 2-tailed. Dapat disimpulkan bahwa menunjukkkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMK Negeri Unggul 2 Banyuasin III dibandingkan dengan model konvensional. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bisastra

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Bindo Sastra is a journal of Indonesian Language and Literature Education of Faculty of Teacher Training and Education at Universitas Muhammadiyah Palembang. Journal Bindo Sastra includes articles of Indonesian Language and Literature Education and published in twice a year, march and ...