Al-Idarah: Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam
Vol 3, No 2 (2019)

DAKWAH BIL HAL PADA SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA (SMPLB) YAYASAN PENYANTUNAN PENYANDANG CACAT (YPPC) LABUI BANDA ACEH

Fakhri Fakhri (Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, Banda Aceh)
Elfha Wirda (Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dakwah Bil Hal pada siswa anak berkebutuhan khusus di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Yayasan Penyantunan Penyandang Cacat. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana memberikan pemahaman agama kepada anak yang memiliki kebutuhan khusus. Sehingga mereka juga mampu melaksanakan ibadah sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki yang sesuai dengan aturan agama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan menentukan sampel yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru memiliki kurikulum khusus dalam mengajarkan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam upaya memberikan pengetahuan kepada mereka. menggunakan metode ceramah, tanya jawab, metode drill (mengulang-ulang), metode Picture Exchange Communication (PEC). Kendala yang dihadapi perlu adanya peningkatan pemahaman guru, perlengkapan alat dan perpustakaan yang memadai

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

alidarah

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Al-Idarah: Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam merupakan salah satu jurnal berbasis open-access yang turut berkontribusi dalam meningkatkan khazanah keilmuan, khususnya di Indonesia terkait relevansinya dalam pengembangan dan penerapan ilmu manajemen dan administasi. Jurnal Al-Idarah dikelola ...