Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu, (1). untuk mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran mengenai keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas 3 SD menggunaan model PBL dengan berbantuan media gambar seri, (2). Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas 2 sekolah dasar menggunaan model problem based learning dengan berbantuan media gambar seri, (3). Apakah kesulitan siswa dalam  keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas  3 sekolah dasar menggunaan model problem based learning dengan berbantuan media gambar seri.Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kualitatif, hal ini peneliti ingin menggambarkan atau mendeskripsikan mengenai keterampilan menulis karangan terhadap siswa kelas 3 SD menggunakan model problem based learning dengan berbantuan media gambar seri.Teknik pengumpulan data meggunakan observasi (pengamatan), angket, interview (wawancara), dokumentasi dan gabungan. Subjek pada Penelitian ini di kelas 3 Tahun pelajaran 2019-2020 yang berjumlah 30 siswa. Terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswi perempuan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini siswa mengalami peningkatan dalam keterampilan menulis karangan sederhana menggunakan model PBL dengan berbantuan media gambar seri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022