ABSTRAKPEMBELAJARAN PEMAHAMAN MATEMATIKAPADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA)tiogunarti@gmail.com Latarbelakang penelitian ini adalah guru tidak hanya menjadi subjek utama dalam pembelajaran melainkan siswa pun dituntut aktif untuk mengikuti aktivitas pembelajaran agar diperoleh pemahaman yang bermakna dan dapat dilakukan melalui berbagai strategi penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa SD menggunakan model pembelajaran GQGA. (2) Mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran Active Learning model GQGA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif Deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 2 A dan B di SDN 050 Cibiru Bandung. Teknik pengumpulan data meliputi seperangkat soal tes yang terdiri dari 5 soal subjektif yaitu uraian. Instrumen penelitian ini menggunakan tes uraian dan angket. Analisis data dilakukan secara kuantitatif, data tersebut diambil dari hasil pretes dan postes. Data kualitatif diambil dari angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kualitas peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Active Learning model GQGA lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan cara biasa.Menunjukkan respon positif dari siswa mengenai manfaat pembelajaran Active Learning model GQGA terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa.Kata Kunci : Pemahaman komunikasi matematis, model pembelajaran Giving Question and Getting Answer.
Copyrights © 2022