Perspektif Komunikasi; Jurnal Ilmu Komunikasi dan Komunikasi Bisnis
Vol 3, No 2 (2019): Perspektif Komunikasi

FAKTOR-FAKTOR KOMUNIKASI PERSUASIF SUSI PUDJIASTUTI DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENGONSUMSI IKAN

Hafni, Rayni Delya (Unknown)
Sutjipto, Vera Wijayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Faktor-faktor komunikasi persuasif sangat penting dimiliki oleh seorang birokrat seperti Susi Pudjiastuti  dalam hal ini ketika  ia  menjabat  sebagai  menteri  kelautan  dan  perikanan.  Hal  ini  dikarenakan  faktor-faktor  komunikasi  persuasif tersebutlah yang akan membantu Susi Pudjiastuti dalam membangun kepercayaan kepada masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui faktor-faktor komunikasi persuasif yang digunakan oleh Susi Pudjiastuti.  Penelitian  ini  juga  diharapkan  dapat  bermanfaat  bagi  praktisi  komunikasi  politik,  dalam  hal  ini  yaitu seorang birokrat. Dalam penelitian ini menggunakan variabel faktor-faktor komunikasi persuasif yang memiliki empat dimensi,  yang  terdiri  atas  pengertian  dan  kesinambungan  suatu  pesan,  pengaruh  lingkungan,  kredibilitas  sumber  dan pesan.  Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah  deskriptif  kuantitatif  dengan  memperoleh  data  melalui  populasi  yang merupakan  masyarakat  Indonesia  dengan  dibuat  menjadi  spesifik  yaitu  mahasiswa  Ilmu  Komunikasi  UNJ  dengan sampel berjumlah 40 orang, dengan menggunakan teknik penarikan sampel yakni  probability sampling dengan teknik simple  random  samping  yakni  peneliti  mengambil  sampel  secara  acak  namun  tidak  memerhatikan  tingkatan  dari responden. Data primer  yang digunakan  yaitu  kuesioner  yang dilakukan dengan  membagikan google formulir  kepada responden. Dalam analisis ini menunjukkan ada yang kurang dalam faktor-faktor komunikasi persuasif yang dilakukan oleh  Susi  Pudjiastuti.  Hal  ini  terlihat  pada  mean  terendah,  yaitu  pengertian  dan  kesinambungan  suatu  pesan  dengan indikator kharisma. Kata Kunci: Birokrat, Faktor-faktor komunikasi persuasif, Kepercayaan, Susi Pudjiastuti 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Focus and Scope Perspektif Komunikasi focuses on writings that contains research and contemporary thinking in the field of Communication Studies in various perspectives and angles include: 1. Political Communication, features cutting-edge theory-driven empirical research at the intersection of ...