Menggunakan alat bantu power point dalam pembelajaran dikelas merupakan satu hal yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Apabila siswa menemukan kesulitan dalam belajar maka siswa tidak berminat belajar kelas IPS. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang diteliti gunakan kriteria deskriptif dan mencari hubungan kata lain korelasi dari satu objek ke objek yang lain.. Pengambilan data menggunakan Random sampling method. Penelitian dilaksanakan di SD Advent X Airmadidi dengan 50 peserta didik kelas VI tercatat tahun ajar 2019/2020, tujuannya ingin mengetahui apa ada hubungan berbeda dalam penggunaan media pembelajaran power point dan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Penelitian ini memiliki 2 variabel; variabel bebas dan variabel terikat. Supaya bisa tahu tingkat penggunaan media power point dan minat belajar siswa digunakan mean score selanjutnya pearson correlation mencari tahu apa ada hubungan berarti atau signifikan dari dua variabel penggunaan media power point dan minat belajar siswa. Berdasarkan penelitian yang dibuat sekolah dasar X Airmadidi bahwa tingkat guna media power point adalah tinggi dan minat belajar siswa dalam belajar IPS tinggi. Selanjutnya, didapati hasilnya terdapat hubungan yang cukup berarti varibel X dan Varibel Y pada kelas VI Sekolah Dasar.Kata kunci: Media Belajar, Powerpoint, Minat Belajar Siswa
Copyrights © 2021