AbstrakPenelitian dilatar belakangi oleh kurangnya bahan ajar yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran yang membuat anak merasa bosan untuk belajar. Tujuan riset ini ialah buat mengenali gimana wujud pengembangan materi eksitasi calistung pada sentra perencanaan untuk AUD. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menggunakan enam langkah pengembangan yaitu potensi tahap masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk dan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektivitas suatu produk Stimulasi Calistung media pembelajaran dilihat dari peningkatan terhadap uji coba produk anak memperoleh hasil kegiatan pre-test sebesar 43,2%. Sedangkan pada kegiatan post-test sebesar 82%. Dengan demikian terjadi mengalami peningkatan sebesar 39%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Calistung dapat dan layak menjadi media bahan ajar stimulasi Calistung
Copyrights © 2021