Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education
Vol 5, No 2 (2022)

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL DAN AGAMA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PKBM MELATI KEC. RIMBA MELINTANG, RIAU

ANDRI HARDIYANA (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Amah Marhamah (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
As’syifa Nur Fikri (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran konstruktivisme sebagai upaya peningkatan nilai moral dan agama pada anak serta mengetahui hasil dari penerapan model pembelajaran kontruktivisme dalam meningkatkan nilai moral dan agama pada anak. Nilai moral dan agama merupakan satu aspek terpenting dalam kehidupan seorang  anak, karena aspek ini akan menentukan baik buruknya tigkah laku anak. Model pembelajaran kontruktisvitik  perlu di terapkan, agar nilai moral dan agama pada diri anak  dapat tertanam dengan baik. Pendekatan konstruktivisme merupakan pendekatan yang menjelaskan bahwa pengetahuan seseorang dibangun oleh dirinya sendiri, pendekatan ini mengutamakan pengalaman langsung  dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuallitatif. Adapun teknik pengumuplan datanya yaitu menggunakan observasi dan wawancara. Observasi dilakukan disekolah selama kegiatan berlangsung, sementara wawancara dilakukan kepada guru kelas A TK PKBM Melati Kec.Rimba Melintang, Riau. Berdasarkan penelitian didapat hasil bahwa perkembangan nilai agama moral anak usia 4-5 tahun di TK PKBM Melati Kec. Rimba Meling, Riau memperoleh hasil 75% dengan kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alfitrah

Publisher

Subject

Education

Description

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) BengkuluJurnal ini berisi tentang pendidikan anak usia dini prespektif pendidikan islam. Jurnal ini telah memiliki ISSN : 2599-2287 (Print) dan ISSN : 2622-335X ...