JURNAL PENDIDIKAN GLASSER
Vol 6, No 1 (2022)

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA YANG DIUKUR MENGGUNAKAN TES PILIHAN GANDA BERALASAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Alwia Samaduri (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LUWUK)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2022

Abstract

Pemahaman konsep siswa yang diukur dengan cara memberikan tes pilihan ganda beralasan. Tes tersebut digunakan untuk mengukur seberapa besar siswa yang memahami konsep dari materi pembelajaran, karena selama ini tes evaluasi yang diberikan oleh guru hanyalah tes pilihan ganda biasa. Tes pilihan ganda biasa kurang mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa karena jawaban yang ada hanya pilihan dari beberapa option yang sudah disediakan. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 7 Palu. Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X dan kelas XI yang berjumlah 247 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa kelas X pada materi plantae terdapat 40% siswa yang memahami konsep, 42,92% terjadi miskonsepsi dan terdapat 17,08% siswa yang tidak paham konsep. Sedangkan untuk hasil analisis pemahaman konsep siswa kelas XI terhadap pokok bahasan sistem pernapasan pada manusia diperoleh data yaitu sebanyak 36,24% siswa memahami konsep, 43,25% peserta didik yang terjadi miskonsepsi dan 20,51% peserta yang belum memahami konsep dari penbelajaran. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah pemberian tes pilihan ganda yang disertai alasan dapat menilai dan mengetahui tingkat pemahaman konsep siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

glasser

Publisher

Subject

Education

Description

Glasser is an education journal that published twice a year in April and October. Glasser journal aims to publish conceptual, review, and research from tecahers, scientiests, and other schorals which expert in education ...