Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R"
Vol 5, No 2 (2021): Desember

OPTIMALISASI SERVICE QUALITY PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KOTA TERNATE

Abdul Rahman Jannang (Universitas Khairun)
Suwito Suwito Suwito (Universitas Khairun)
Marwa Marwa Marwa (IAIN Ternate)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2022

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peranan penting dan strategis bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara, baik itu negara yang sedang berkembang maupun negara yang sudah maju. Industri restoran dan rumah makan hingga saat ini masih mendominasi sebagai slaah satu bentuk usaha yang memiliki prospek yang cukup bagus kedepan, bahkan dalam kondisi krisis ekonomi sekalipun. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Service Quality terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi kepuasan konsumen, maupun dimoderasi oleh variety seeking. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 50 responden sebagai pengunjung di rumah makan dan minuman di Kota Ternate. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Path Analysis dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan bantuan software Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 26. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Service Quality berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, namun Service Quality tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, walaupun kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, serta Variety Seeking bukan sebagai variable moderasi hubungan Service Quality terhadap loyalitas konsumen

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

emor

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen "Emor" (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) diterbitkan 2 kali setahun yaitu pada bulan Juni dan bulan Desember sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan ilmu manajemen. Jurnal Emor berisi gagasan, laporan hasil penelitian serta pembahasan teori dan ...