Abstrak: Kebiasaan sebagian guru menggunakan perangkat pembelajaran yang diperoleh langsung dari penerbit atau mengunduh dari internet menyebabkan menjadi kurang terkaitnya Kompetensi Dasar (KD) dalam RPP dengan sintaks pembelajaran. Sebagian guru beranggapan bahwa perangkat pembelajaran yang akan digunakan tidak bergantung pada model pembelajaran yang akan diterapkan, sehingga pembelajaran menjadi tidak bermakna. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertujuan untuk melatih guru IPA cara membuat perangkat pembelajaran (RPP dan video pembelajaran) serta melatih guru dan siswa dengan mendesain media pembelajaran pada materi Plantae dengan teknik Ecoprint. Uhamka Boarding School (UBS) Jonggol sebagai mitra dalam pengabdian ini. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 44 peserta, cara pelaksanaan kegiatan terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan Google Forms. Hasil dari pelatihan ini dapat menambah wawasan para guru tentang STEAM, dapat memotivasi mereka untuk lebih meningkatkan keterampilannya dalam mendesain perangkat pembelajaran media pembelajaran berbasis STEAM.Abstract: The habit of some teachers using learning tools obtained directly from publishers or downloading from the internet causes the Basic Competence (KD) in RPP to be unrelated with learning syntax, teachers assume that the learning tools used are independent of the learning model to be applied, so that learning becomes meaningless. The Community Partnership Program (PKM) aims to train science teachers on how to make learning tools (RPP and learning videos) and train teachers and students with the Ecoprint technique as a learning medium for Plantae material. Uhamka Boarding School (UBS) Jonggol as a partner in this service. The service activity was attended by 44 participants, the method of carrying out the activity consisted of three stages, the planning stage, the implementation stage, and the evaluation stage. Data collection was done by distributing questionnaires using Google Forms. The results of this training can add insight to teachers about STEAM, can motivate them to further improve their skills in designing STEAM-based learning media learning tools.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022