Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar

Maria Enjelitha Sinaga (Universitas Esa Unggul, Jakarta)
Endang M Kurnianti (Universitas Esa Unggul, Jakarta)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja berbasis komik pada mata pelajaran matematika. Peneliian pengembangan yang dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis komik pada mata pelajaran matematika dengan materi matematika. (2) Untuk mengetahui bagaimana respon peserta didik pada pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis komik pada mata pelajaran matematika dengan materi matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan ialah model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi). Subyek penelitian ini adalah peserta didik dari SD Yadika 3 Tangerang. Data penelitian ini diperoleh dengan observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini berdasarkan validasi kepada para ahli yaitu ahli media, ahli bahasa dan ahli materi termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase rata-ratanya adalah 87,6%. Angket juga diberikan kepada guru serta peserta didik untuk mengetahui bagaimana respon guru dan peserta didik pada pengembangan lembar kerja berbasis komik. Hasil penilaian guru terhadap lembar kerja memperoleh Presentase nilai 89% dan masuk kedalam kriteria “Sangat Baik”. Hasil uji coba produk dengan 3 peserta didik memperoleh persentase 83% dengan kategori “Sangat Baik”. Sementara itu pada tahapan selanjutnya ialah uji coba terbatas, pada uji coba terbatas ini dilakukan oleh 10 peserta didik . adapun hasil uji coba terbatas yang dilakukan dengan 10 peserta didik memperoleh hasil 87% dan masuk kedalam kategori “Sangat Baik”. Pada tahapan akhir ialah uji lapangan. Hasil penilaian angket uji lapangan dengan peserta didik masuk kedalam kategori sangat baik dengan persentase akhir 92%. Berdasarkan hasil yang telah dikembangkan oleh peneliti yang berjudul Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar, disimpulkan bahwa lembar kerja berbasis komik yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...