Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengembangan E-modul Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) materi Organ Gerak Hewan dan Manusia kelas V

Widia Tita Nila (Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau)
Dea Mustika (Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2022

Abstract

Bahan ajar merupakan segala bentuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, di kelas,baik itu informasi, alat, maupun teks yang digunakan. Maka dari itu penelitian bertujuan untuk menghasilkan E-modul berbasis model Problem Based Learning (PBL) materi organ gerak hewan dan manusia kelas V SDN 114 Pekanbaru. Mengetahui penelitian dari enam ahli. Penelitian ini menggunakan metode R&D yang mengadopsi model ADDIE (Analysis, Desaign, Development, Implementation, Evaluation). Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli desan, dan ahli bahasa untuk menguji kelayakan, jenis data yang diperoleh dari hasil penelitian adalah data kuantitatif berupa data angka dan diinterpretasikan dengan pedoman kriteria kategori penelitian untuk menentukan kualitas produk. Hasil dari penelitian ini, menghasilkan produk e-modul berbasis model problembased learning yang dapat digunakan pada jenjang SD sebagai bahan ajar atau pegangan buku ajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan berupa data kualitatif dan data kuantitatif yaitu analisis data tahap pendahuluan dan analisis data validasi. Kesimpulan penelitian ini adalah Hasil validasi terhadap bahan ajar pembelajaran e-modul berbasis problem based learning materi Organ Gerak Hewan dan Manusia untuk satu tema dan di bagi menjadi tiga pemetaan pembelajaran sudah mencapai tingkat kevalidan sangat valid. Dengan rincian penilaian sebagai berikut: (1) Hasil validasi ahli materi memperoleh nilai rata-rata skor sebesar 91,7% dengan tingkat kategori tidak perlu direvisi. (2) Hasil validasi ahli desain memperoleh nilai rata-rata skor sebesar 92,5% dengan tingkat kategori tidak perlu direvisi. (2) Hasil validasi ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata skor sebesar 89,9% dengan tingkat kategori tidak perlu direvisi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...