Industri perbankan syariah Indonesia berkembang pesat. Secara umum, keputusan pelanggan untuk menggunakan produk keuangan didasarkan pada sejumlah variabel yang mungkin mempengaruhi keputusan mereka. Pengetahuan, kebutuhan, kenyamanan, dan pelayanan adalah beberapa variabel kunci yang perlu dipertimbangkan. Dengan banyaknya unsur yang mempengaruhi, para pelajar, bahkan yang berpendidikan tinggi sekalipun, masih kurang antusias untuk menabung di bank syariah. Penelitian ini melihat unsur-unsur yang berpengaruh pada keinginan masyarakat untuk mempunyai tabungan di bank syariah, seperti pengetahuan perbankan syariah, kualitas pelayanan, serta literasi keuangan. Tujuannya adalah untuk melihat pengaruh pembelajaran perbankan syariah, kualitas pelayanan dan literasi keuangan terhadap minat menabung di bank syariah. Penelitian kuantitatif ini menggunakan sampel jenuh sebanyak 61 responden. Pengumpulan data diperoleh dari kuesioner dengan teknik analisisnya yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya pembelajaran perbankan, kualitas pelayanan serta literasi keuangan menghasilkan pengaruh secara parsial juga simultan dengan nilai determinasi 0,623 atau 62,3% terhadap minat menabung mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya tahun 2018
Copyrights © 2022