EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Menggunakan Media Papan Flanel Huruf Lambang Bunyi Vokal dan Konsonan Pada Siswa Sekolah Dasar

Wa Ode Riniati (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)
Satriana Satriana (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Membaca Menggunakan Media Papan Flanel Huruf Lambang Bunyi Vokal Dan Konsonal Pada Siswa Kelas II SD Negeri Gonda. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang direncanakan langsung secara pra tindakan dan persiklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yang dipilih yaitu siswa kelas II di Sekolah Dasar Negeri Gonda pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar dan observasi guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian pra tindakan, siklus I dan siklus II diperoleh data sebagai berikut : Standar KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia 65. Hasil pra tindakan siswa yang telah mencapai KKM adalah terdapat 13 siswa (50%)  dan yang belum mencapai KKM terdapat 13 siswa (50%)  dengan nilai rata-rata kelas 61,5. Hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada siklus I terdapat 17 siswa (65,39%) dan yang belum mencapai KKM terdapat 9 siswa (34,61%) dengan nilai rata-rata kelas 67,11. Hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada siklus II terdapat 20 siswa (76,93%) dan yang belum mencapai KKM terdapat 6 siswa (23,07%) dengan nilai rata-rata kelas 75,38. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media papan flanel dapat meningkatkan hasil belajar membaca pada siswa kelas II SD Negeri Gonda.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...