Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 6, No 2 (2021): Volume 6 Nomor 2 Edisi Oktober 2021

MELAKSANAKAN PENDAMPINGAN BERBASIS KKG BAGI GURU KELAS SD NEGERI 10 AMPENAN SEMESTER DUA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Baiq Fitriah (Sekolah Dasar Negeri 10 Ampenan Dinas Pendidikan Kota Mataram Nusa Tenggara Barat iNDONESIA)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2021

Abstract

Abstrak. Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah rendahnya kompetensi guru sasaran di SD Negeri 10 Ampenan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang baik dan benar yang berdampak kurang percaya diri dalam proses pembelajaran. Solusinya diadakan pendampingan baik secara kelompok maupun individu dalam penyusunan RPP yang baik dan benar. Tujuannya adalah untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan pendampingan berbasis KKG dalam upaya meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP yang baik dan benar, yang bermanfaat untuk meningkatkan profesionalisme sebagai kepala sekolah dan bagi guru untuk meningkatkan proses pembelajaran di kelas. Hipotesis tindakan meningkatkan kompetensi guru-guru sasaran SD Negeri 10 Ampenan semester dua tahun pelajaran 2020/2021 dalam menyusun RPP yang baik dan benar. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus satu kali pertemuan. Tahapan setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah; 1) hasil observasi kepala sekolah maupun observasi guru selama proses pendampingan telah memperoleh skor rata-rata ≥ 4,0,2). Hasil kerja guru dalam penyusunan RPP mencapai ≥ 85% dengan nilai rata-rata ≥ 80,00. Hasil penelitian pada siklus I observasi Kepala Sekolah rata-rata (3,40) dengan persentase ketercapaian (0%). Pada siklus II observasi Kepala Sekolah rata-rata (4,50), observasi guru rata-rata (4,67) dan hasil kerja individual rata-rata nilai (87,37) dengan persentase ketercapaian (100%). Indikator keberhasilan telah tercapai, penelitian di nyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II. Kesimpulan; pelaksanan pendampingan dapat meningkatkan kompetensi guru sasaran SD Negeri 10 Ampenan dalam menyusun RPP berdasarkan KTSP dan kurikulum 2013. Disarankan agar Kepala Sekolah lainnya melakukan penelitian sejenis dalam upaya peningkatan kompetensi guru, dan kepala guru mata pelajaran agar mampu menyusun RPP yang baik dan benar.Kata Kunci: Pendampingan - RPP

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...