Nilai pendidikan merupakan sifat dan hal yang penting dan berguna bagimanusia untuk proses, pengubahan sikap, dan tingkah laku seorang manusia.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan: 1) Novel Di Bawah LindunganKa’bah dibaca secara keseluruhan untuk mengetahui totalitas makna, 2) Membacaulang novel disertai dengan pemberian tanda garis bawah dan catatan pinggir, 3)Membaca kembali karya sastra untuk mengecek bagian-bagian karya yang belumditandai, apabila masih ada yang berhubungan dengan permasalahan penelitianyang belum selesai, dan 4) Mengumpulkan bagian-bagian karya yang telahditandai kedalam daftar pencatatan data. Teknik analisis data yaitu: 1)Mengklasifikasikan nilai-nilai pendidikan religious dan nilai pendidikan budaya,2) Menganalisis data/interpretasi data yang telah diklasifikasikan, 3)Menyimpulkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Hasil dari penelitian inimenemukan 19 nilai pendidikan, yaitu 12 nilai pendidikan Islami (63,157%), dan7 nilai pendidikan budaya (36,842%).
Copyrights © 2021