Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2022

ANALISIS SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS IV SDN 130 PEKANBARU

Yeni Armawinda (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau)
Eddy Noviana (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau)
Neni Hermita (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Pendidikan dilakukan melalui proses pembelajaran yang dimana perkembangan dunia pendidikan dari tahun ketahun mengalami perubahan seperti bergesernya karakter anak bangsa. Banyak hal yang telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan salah satunya perubahan kurikulum yang pada saat ini berlaku kurikulum 2013 yang menanamkan tentang pendidikan karakter. Terdapat 18 nilai karaker yang mengarahkan sikap siswa kepada perilaku yang baik. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan salah satu nilai karakter yaitu sikap toleransi di kelas IV SDN 130 Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui kuesioner dan wawancara dengan teknik analisis data berupa angka-angka statistik yang mengacu pada skala likert kemudian dideskripsikan. Hasil dari penelitian ini bahwa siswa memiliki sikap toleransi dengan kategori sangat tinggi dan konversi sangat toleransi. Penelitian ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan memperluas wawasan peneliti dibidang pendidikan khususnya dalam sikap toleransi, dan sebagai bahan pertimbangan untuk peneliti yang akan datang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...