Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 13, No 2 (2013): JASSI Anakku: Volume 13, Issue 2, 2013

Optimalisasi Pendengaran dengan Bina Komunikasi Persepsi Bunyi Irama

Gunawan, Dudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2016

Abstract

Sebagian besar kebutuhan yang dirasakan siswa tunarungu tentang komunikasi dan bahasa belum mendapatkan pemenuhan dan pelaksanaannya belum efektif. Guru masih mengalami kesukaran dalam merumuskan dan mengembangkan materi pelaksanaan Layanan Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama (BKPBI). Untuk meningkatkan layanan bina komunikasi persepsi bunyi irama (BKPBI). yang mengacu kepada empat aspek yaitu 1) Kompetensi Mendeteksi bunyi-bunyi, 2) Kompetensi mengidentifikasi bunyi-bunyi termasuk bunyi bahasa. 3) Kompetensi Mendiskrimininasi bunyi, 4) Kompetensi Memahami bunyi, Penerapan optimalisasi dini pendengaran anak tunarungu di SLB-B melalui pendekatan bina komunikasi persepsi bunyi irama (BKPBI). Indikator efektivitas ditandai oleh, 1) Mendeteksi bunyi-bunyi, 2) Kompetensi mengidentifikasi bunyi-bunyi termasuk bunyi bahasa. 3) Kompetensi Mendiskrimininasi bunyi, 4) Kompetensi Memahami bunyi,.Kata Kunci: Optimalisasi pendengaran dengan bina komunikasi persepsi bunyi irama (BKPBI)

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...