Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 18, No 1 (2018): JASSI Anakku: Volume 18, Issue 1, 2018

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS SISWA TUNANETRA MELALUI PERMANINAN PIANO

Ainun, Su’aidah (Unknown)
Dedy, Kurniadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh memainkan piano yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus siswa Tunanetra kelas III SDLB Negeri A Kota Bandung. Motorik halus yang akan di kembangkan dalam penelitian ini yaitu pada kekuatan jari jemari tangan NFA, sehingga NFA dapat melakukan kegiatan sehari-hari seperti memakai sepatu, kaus kaki, makan dengan menggunakan sendok, dan memegang pen. Metode penelitian yang digunakan adalah single subject research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A. teknik pengumpulan data melalui tes perbuatan menggunakan presentase untuk aspek kekuatan dan ketepatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memainkan piano dapat meningkatkan kemampuan motorik halus siswa. Hal ini terlihat pada NFA yang sudah mulai dapat memakai kaus kaki walaupun masih sedikit dengan bantuan guru. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini, peneliti merekomendasikan kepada guru untuk dapat lebih memanfaatkan piano atau alat yang ada di sekolah selain bermain mozaik, playdog, meremas kertas dalam meningkatkan kemampuan motorik siswa salah satunya melalui memainkan piano.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...