Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh memainkan piano yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus siswa Tunanetra kelas III SDLB Negeri A Kota Bandung. Motorik halus yang akan di kembangkan dalam penelitian ini yaitu pada kekuatan jari jemari tangan NFA, sehingga NFA dapat melakukan kegiatan sehari-hari seperti memakai sepatu, kaus kaki, makan dengan menggunakan sendok, dan memegang pen. Metode penelitian yang digunakan adalah single subject research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A. teknik pengumpulan data melalui tes perbuatan menggunakan presentase untuk aspek kekuatan dan ketepatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memainkan piano dapat meningkatkan kemampuan motorik halus siswa. Hal ini terlihat pada NFA yang sudah mulai dapat memakai kaus kaki walaupun masih sedikit dengan bantuan guru. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini, peneliti merekomendasikan kepada guru untuk dapat lebih memanfaatkan piano atau alat yang ada di sekolah selain bermain mozaik, playdog, meremas kertas dalam meningkatkan kemampuan motorik siswa salah satunya melalui memainkan piano.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018