Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 11, No 1 (2011): JASSI Anakku: Volume 11, Issue 1, 2011

Belajar dari Kegagalan Sistem Layanan Pendidikan Integrasi

Rochyadi, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2016

Abstract

Tulisan ini merupakan kajian tentang perspektif baru saat itu dalam pendidikan luar biasa, yaitu pengintegrasian anak-anak penyandang cacat ke dalam pendidikan (sekolah biasa) yang dilakukan di 6 negara maju, yaitu: Itali, Denmark, Swidia, Amerika Serikat, Inggris dan Belanda. Sebelumnya, anak-anak penyanadang cacat di didik di sekolah Khusus. Secara keseluruhan tulisan ini menjelaskan tentang implementasi pendidikan terpadu di negara-negara maju. Di setiap negara dijumpai keunikan dan kekhasan dalam penyelenggaran pendidikan terpadu sesuai dengan sistem pendidikan masing-masing negara tersebut. Sistim pendidikan ini, saat itu dipandang sebagai pendidikan yang paling mutakhir dan hampir seluruh negara maju mencoba mengimplementasikan akan tetapi apa yang terjadi? KEGAGALAN! Kegagalan ini mengisayaratkan pada kita untuk waspada dan kritis dalam mengimplementasikan pendidikan inklusif yang saat ini dipandang sebagai pendidikan yang paling mutakhir agar tidak mengulang kegagalan panjangbabak kedua.Kata kunci: terpadu, sekolah reguler, cacat, integrasi

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...