Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 20, No 2 (2020): JASSI Anakku: Volume 20, Issue 2, 2020

PENYUSUNAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR BAHASA RESEPTIF DAN EKSPRESIF ANAK TUNARUNGU (HEARING IMPAIRMENT)

Aripiani, Dena Tresna (Unknown)
Susetyo, Budi (Unknown)
Tarsidi, Iding (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2021

Abstract

Alat ukur tes yang baik adalah yang memenuhi syarat-syarat penyusunan tes yakni adanya pengujian validitas dan reliabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun sebuah instrumen bahasa reseptif dan ekspresif bagi anak tunarungu. Penyusunan instrumen ini diadapatasi dari instrumen TOLD-P atau test of languageĀ  yang dimodifikasi dengan mengggunakan bahasa Indonesia dan dibuat lebih sederhana yang terdiri dari picture vocabulary (kosakata gambar), oral vocabulary (kosakata lisan), dan analysis fonem (analisis fonem). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen pre-xxperimental design dengan jenis one group postes. Hasil dari validitas isi penelitian ini mendapatkan nilaiĀ  CVR 0 yakni,1, sedangkan reliabilitas stabilitas sebesar 0,941 yang artinya tergolong reliabilitas sangat tinggi. Instrumen tes yang disusun peneliti telah memenuhi syarat tes yang baik. Dengan demikian instrumen tes sudah dapat digunakan meskipun untuk kalangan terbatas. Hal ini disebabkan instrument tes masih berupa draf awal belum diujicobakan untuk kalangan yang luas, sehingga instrument belum standard dan perlu distandarisasikan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...