Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 9, No 1 (2009): JASSI Anakku: Volume 9, Issue 1, 2009

Penggunaan Media Manik-Manik Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika Anak Tunagrahita

Abdurahman SR, Maman (Unknown)
Nufus, Hayatin (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2016

Abstract

Anak tunagrahita ringan mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran yang bersifat abstrak, oleh karena itu proses pembelajaran harus disajikan dalam bentuk konkrit. Masalah penelitian ini adalah "Bagaimanakah prestasi belajar siswa setelah kegiatan pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga manik-manik dalam konsep himpunan dalam bilangan bulat? Dengan batasan perhitungan penjumlahan 1 - 20. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang duduk di kelas D 2 SLB Bagian C. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas (Classroom action reseach) yaitu bentuk kajian melalui "self reflective" yang bercirikan pada kegiatan partisipatif aktif dan kolaboratif para praktisi pendidikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa tunagrahita ringan dalam melakukan operasi penjumlahan 1 - 20 mengalami peningkatan. Kepada peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengadakan penelitian pada subjek lain dan model media yang sangat variatif. Sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih baik guna menemukan temuan baru dan dapat melengkapi kekurangan dalam penelitian yang dilakukan.Kata kunci: Media manik-manik, kemampuan belajar matematika, anak tunagrahita

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...