Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 17, No 1 (2017): JASSI Anakku: Volume 17, Issue 1, 2017

Perbandingan Media Hitung Abakus dengan Blokjes dalam Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Ratusan di SLBN A Kota Bandung

Utami, Irwanti Cinta Dwi (Unknown)
Susetyo, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2017

Abstract

Ketunanetraan yang dialami peserta didik tunanetra menyebabkan terhambatnya proses masuknya informasi. Keadaan ini menyebabkan peserta didik tunanetra memiliki keterbatasan dalam menerima informasi yang berupa visual, salah satunya yaitu operasi hitung penjumlahan, sehingga dibutuhkan media untuk mempermudah masuknya informasi. Penelitian ini membandingkan dua media hitung, yakni abakus dan blokjes, sebagai media operasi hitung penjumlahan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimmen dengan desain rotasi (Counter Balanced), analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Penelitian ini dilakukan di kelas 3, 4, dan 5 SD SLBN A Kota Bandung dengan jumlah sampel 10 orang dan dijadikan dua kelompok dengan tingkatan (stratified random sampling), setiap kelompok terdiri dari tingkatan kelas dengan jumlah yang proporsional. Hasil penelitian, terdapat perbedaan antara penggunaan abakus dengan blokjes dalam operasi hitung penjumlahan pada peserta didik tunanetra SDLB di SLBN A Kota Bandung.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...