Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 18, No 1 (2018): JASSI Anakku: Volume 18, Issue 1, 2018

SIKAP GURU TERHADAP PENDIDIKAN INKLUSIF - KECENDERUNGAN INTERNASIONAL

Ana, Lisdiana (Unknown)
Dede, Supriyanto (Unknown)
Didi, Tarsidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2019

Abstract

Studi ini dilakukan dengan tujuan untuk menyelidiki sikap guru terhadap pendidikan inklusif dan variabel yang mempengaruhi sikap tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik Systematic Literature Review (SLR) untuk menampilkan gambaran lengkap dan terbaru dari studi empiris yang dipublikasikan 15 tahun terakhir yang mengkaji sikap guru terhadap pendidikan inklusif dan variabel yang mempengaruhinya. Dilakukan review terhadap 28 artikel yang melibatkan 5.717 orang guru dari 24 negara. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas guru memiliki sikap positif terhadap pendidikan inklusif. Beberapa penelitian juga melaporkan sikap netral dan juga negatif. Variabel yang mempengaruhi sikap guru adalah tingkat dan latar belakang pendidikan, efikasi diri, pelatihan guru, dan jenis disabilitas anak berkebutuhan khusus.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...