Ketunarunguan berdampak terhadap rendahnya kemampuan anak tunarungu dalam mengabstraksi konsep ruang termasuk mengenal bentuk bangun datar. Pemahaman anak tunarungu tentang konsep ruang sangat penting untuk dikembangkan, untuk itu diperlukan pendekatan pembelajaran agar anak tunarungu dapat mengenal bentuk bangun datar. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pendekatan matematika realistik terhadap peningkatan kemampuan mengenal bentuk bangun datar peserta didik tunarungu. Metode penelitiannya adalah ekperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan One group Pretest- Postest.Teknik pengumpulan data melalui tes tulis dan perbuatan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan pendekatan matematika realistik eeefeektif terhadap peningkatan kemampuan peserta didik tunarungu dalam mengenal bentuk bangun datar. Hal ini terlihat dari meningkatnya kemampuan mengenal bentuk bangun datar. Hasil penelitian dapat menjadi rujukan dalam kegiatan belajar mengajar untuk menerapkan pendekatan matematika realistik pada tema dan materi lain.
Copyrights © 2020