Penelitian dilakukan pada anak tunagrahita ringan kelas III SDLB C Cinta Asfli. Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research dengan menggunakan desain penelitian yaitu desain A-B-A. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan, data yang diperoleh dianalisis melahii statistDc deskriptif dan hasihya dhampilkan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan meningkat setelah diberikan intervensi dengan menggunakan multimedia cerdas belajar baca. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil subjek (M), peningkatan ditandai dengan persentase mean level pada baseline 2 lebih besar dibandingkan baseline 1. Mean level pada baseline 1 sebesar 10% pada intervensi sebesar 60% sedangkan pada baseline 2 sebesar 46,25%. Maka diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan multimedia cerdas belajar baca dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan.Kata kunci : Anak tunagrahita ringan, kemampuan membaca permulaan, multimedia interaktif cerdas belajar baca
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2012