Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 19, No 1 (2019): JASSI Anakku: Volume 19, Issue 1, 2019

PENDIDIKAN SEKS PADA REMAJA TUNANETRA (Studi Deskriptif di SLBN A Kota Bandung)

Triwiaty, Rikrik (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini berangkat dari adanya permasalahan seksual yang dilakukan oleh remaja tunanetra di sekolah yaitu melakukan pacaran yang berlebihan yang terjadi akibat ketidaktahuan mengenai seks dan rasa ingin tahu yang tinggi pada remaja tunanetra. Sekolah sudah memiliki program pendidikan seks, akan tetapi belum dilaksanakan secara optimal sehingga remaja tunanetra mendapatkan informasi mengenai pengetahuan seks dari media informasi lainyang belum tentu kebenarannya. Bertitik tolak dari permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan mengetahui lebih dalam mengenai pelaksanaan pendidikan seks pada remaja tunanetra di SLBN A Kota Bandung yang meliputi: (1) Bagaimana program pendidikan seks pada remaja tunanetra, (2)  Bagaimana pelaksanaan pendidikan seks pada remaja tunanetra, (3)  Apa hambatan yang di alami dalam pelaksanaan pendidikan seks pada remaja tunanetra, (4) Upaya apa yang di lakukan untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pendidikan seks pada remaja tunanetra, (5) Bagaimana evaluasi pendidikan seks  pada remaja tunanetra, remaja yang dimaksudkan peneliti yaitu yang berusia 15-18 tahun atau pada tingkat satuan pendidikan SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan SMA (Sekolah Menengah Atas). Demi mencapai tujuan tersebut maka digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian adalah dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan secara keseluruhan dapat diketahui bahwa Program pendidikan seks sudah diadakan di SLBN A Kota Bandung program ini bernama Kesehatan Reproduksi (Kespro), pelaksanaan pendidikan seks pada remaja tunanetra  di SLBN A Kota Bandung belum maksimal artinya  tidak ada jadwal khusus dalam pelaksanaannya juga tidak diwajibkan bagi semua siswa khususnya remaja untuk mengikuti program dan tidak ada penilaian khusus, sehingga  banyak siswa yang memilih untuk tidak mengikuti program ini. Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pogram pendidikan seks di SLBN A Kota Bandung penyediaan sarana dan prasarana berupa kelas khusus sehingga setiap akan melaksanakan program kespro ini siswa mencari kelas kosong. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pendidikan seks di SLBN A Bandung antara lain, strategi khusus dalam proses pelaksanaan kegiatan untuk mengatasi siswa yang kurag percaya diri dan pemalu. Evaluasi pendidikan seks  pada remaja tunanetra yang dilakukan di SLBN A Bandung yaitu pengamatan perubahan perilaku serta peningkatan pemahaman remaja tunanetra ke arah yang lebih baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...