Anak tunarungu mengalami kelainan pendengaran yang mengakibatkan terhambatnya perkembangan bahasa sehingga berdampak pada kemampuan mengenal huruf sebagai dasar belajar membaca. Sebagaimana dalam studi pendahuluan ditemukan adanya anak tunarungu yang mengalami hambatan dalam mengenal huruf b, d, j, l dan t. Untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf alphabet dibutuhkan media yang efektif dan menarik bagi siswa tunarungu dengan memanfaatkan indera visual, maka peneliti menggunakan media Flash Card. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen melalui pendekatan Single Subject Research dengan desain A-B-A. Subjek penelitian merupakan siswa tunarungu berinisial E yang bersekolah di SLB Negeri Cicendo Kota Bandung, kelas TK-A2. Adapun hasil penelitan ini ditemukan bahwa penggunaan Flash Card terbukti efektif dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf alphabet pada siswa tunarungu (E). Hal tersebut berdasarkan dari hasil yang menunjukan kenaikan mean level yang diperoleh E pada fase baseline-1 (A-1) sebesar 39%, 70,1% pada fase intervensi (B), dan 79,7% diperoleh E pada fase baseline-2 (A-2). Hasil penelitian ini diharapkan media Flash Card dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran mengenal huruf alphabet bagi anak tunarungu baik di sekolah maupun di rumahKata Kunci: Anak tunarungu, Kemampuan mengenal huruf alphabet, Flash Card
Copyrights © 2016