Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 1 No 1 (2012)

PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN MULTIKULTUR BERBANTUAN MODUL BERBASIS MASALAH YANG BERORIENTASI PADA SPIRITUALISME DALAM PEMBELAJARAN IPS – SD

Sudiatmaka, Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan model pendidikan multikultur sekolahdasar dan perangkat pembelajarannya yang terdiri dari: (1) model pendidikan multikulturSD, (2) perangkat evaluasi yang sesuai dengan karakteristik Kurikulum 2006. Untukmendapatkan jawaban yang empiris, data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan studipustaka, lembar validasi, lembar observasi, angket, tes hasil belajar dan wawancara. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa: (1) candraan materi dan kompetensi mata pelajaran IPS dikelas-kelas awal sekolah dasar secara umum berisikan kompetensi yang terkait dengan:lingkungan, kesenangan diri (hobi), kebersihan, kerjasama, dan tempat-tempat umum(public area). (2) Pengembangan dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut: fokusgroup discussion, individual perspektif, seminar dan lokakarya, simulasi model, danjustifikasi dan validasi model. (3) Bentuk akhir dari model pendidikan multikultur dalampembelajaran IPS menganut paradigma sekuensi-karakteristik materi. (4) Bentuk dariinstrumen penilaian pendidikan multikultur yang visibel untuk dikembangkan antara lain:self-esteem, penilaian kinerja, skala sikap, tes keterampilan sosial, penilaian literasi sosialbudaya,skalasikap,tesketerampilanberpikir,danyanglainnya.(5)Bentukakhirdarimodelpembelajaranberbasismultikultur terdiri dari komponen-komponen yang sinergis mutualis,dan (6) Siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berpendekatan multikulturmemiliki prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkandengan model konvensional, baik pada siswa yang memiliki sikap spiritualisme tinggi,maupun siswa yang memiliki sikap spiritualisme rendah.  

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia [p-ISSN: 2303-288X (print) and e-ISSN: 2541-7207 (online)] is a peer-reviewed journal published by the Research and Community Service Institute of Universitas Pendidikan Ganesha since 2012. JPI is an integrated media for ongoing communication related to significant new ...