Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol. 8 No. 2 (2019)

ANALISIS KEBIJAKAN PENGGUNAAN E-LEARNING DI UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Khairudin Khairudin (Universitas Negeri Padang)
Elvi Rahmi (Universitas Negeri Padang)
Rose Rahmidani (Universitas Negeri Padang)
Rusdinal Rusdinal (Universitas Negeri Padang)
Nurhizrah Gistituati (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji  kebijakan e-Learning di Universitas Negeri Padang, ditinjau dari Kualitas informasi e-learning yang digunakan dan bagaimana dampaknya terhadap  motivasi belajar mahasiswa. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif, Sampel berjumlah sebanyak 80 orang yang berasal dari 6 Fakultas. Data dikumpulkan dengan kuesioner, dan diolah dengan menggunakan statistic SEM-PLS. Dari hasil penelitian diketahui bahwa  (1) Kualitas Informasi elearning memiliki pengaruh dan hubungan positif terhadap penggunaan e-learning oleh mahasiswa(2) Penggunaan e-laerning memiliki pengaruh dan hubungan positif terhadap motivasi belajar mahasiswa, (3) Kualitas informasi elearning memiliki pengaruh dan hubungan yang negatif terhadap motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan oleh pengambil kebijakan di Universitas Negeri padang dalam memaksimalkan penggunaan e-learning oleh mahasiswa sehingga bisa berdampak positif terhadap motivasi mahasiswa dalam belajar. Kata kunci  :   Kualitas Informasi, Penggunaan E-Learning, Motivasi Belajar, SEM-PLS

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JISH

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora (JISH) is a journal that uses a double-blind peer review model that can be accessed online. The purpose of JISH is to publish a journal containing quality articles that will be able to contribute thoughts from a theoretical and empirical perspective in society and ...