Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Vol 12, No 1/April (2022): Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara

MEMBANGUN KINERJA GURU UKS MELALUI BUDAYA ORGANISASI DAN SIKAP SPIRITUAL DI KOTA BANDA ACEH

Salfiyadi, Teuku (Poltekkes Kemenkes Aceh)
Nuraskin, Cut Aja (Unknown)
Reca, Reca (Unknown)
Ahmad, Aripin (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2022

Abstract

ABSTRAK Kinerja adalah capain yang dimiliki seseorang dalam pekerjaan untuk mewujudkan tujuan sebuah organisasi. Hasil evaluasi kegiatan UKS diperolah data rendahnya pemahaman dan pengetahuan siswa terhadap pentingnya pendidikan kesehatan. Tujuan penelitian untuk melihat peran budaya organisasi dan nilai spiritual yang dimiliki guru dalam peningkatan kinerja. Penelitian ini melibatkan guru sekolah sebagai objek penelitian. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran budaya organisasi memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan kinerja guru pengelola UKS sehingga dapat mendukung peningkatan pembelajaran siswa dan potensi peserta didik semakin berkembang. Nilai spiritual yang dimiliki guru pengelola UKS juga memiliki pengaruh yang besar, dimana dengan keimanan dan ketaatan seseorang bisa memberikan sebuah perubahan dalam peningkatan kinerja guru.   Kata Kunci: kinerja guru UKS, budaya dan nilai spiritual     PERFORMANCE OPTIMIZATION OF TEACHERS MANAGING UKS PROGRAM IN IMPROVING SCHOOL ORGANIZATIONAL CULTURE AND SPIRITUAL VALUES OF ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS Abstract Performance is the achievement that a person has in his work to realize the goals of an organization. From the results of the evaluation of UKS activities, data were obtained on the low understanding and knowledge of students about the importance of health education. The purpose of this research is to see the role of organizational culture and spiritual values of teachers in improving performance. This study involved school teachers as the object of research. This type of research uses descriptive quantitative. The results of this study indicate that the role of organizational culture has a major influence on improving the performance of UKS management teachers so that it can support the improvement of student learning and the potential of students is growing. The spiritual values of the UKS management teacher also have a great influence, where with faith and obedience one can make a change in improving teacher performance.   Keywords: UKS teacher performance, culture, and spiritual values DOI : https://doi.org/10.33005/jdg.v12i1.2961

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jdg

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal DINAMIKA GOVERMANCE (JDG) diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Jurnal ini menyajikan hasil penelitian dan artikel mengenai Manajemen dan Kebijakan Publik, Pemerintahan, dan ...