Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Islam dalam novel Jejak Langkah karya Pramoedya Ananta Toer serta relevansinya pada pendidikan karakter. Potret Islam dalam novel tersebut dikaji dan ditarik relevansinya pada konsep pendidikan karakter di Indonesia. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena Islam adalah teori Teologi Pembebasan. Pada perspektif ini Islam dipahami sebagai suatu ideologi dan gerakan sosial yang melakukan perlawanan terhadap ketidakadilan. Islam yang disebutkan Islam yang tidak terkait dengan salat dan zikir namun tidak melakukan sembahyangan untuk membela yang susah dan melawan kezaliman. Penelitian ini menggunakan studi pustaka, pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, membaca dan mencatat, data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini mengedepankan perjuangan yang kuat serta mengangkat persoalan realitas sosial. Islam menjadi agam yang rahmat bagi semua alam serta relevan untuk segala zaman.
Copyrights © 2022