Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung
Vol 8, No 1 (2022): VOL 8 NO 1, APRIL 2022

DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE PADA KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK USIA DINI

Maiya Arisca Aminingtyas (Unknown)
Triwilujeng Dyah Utami (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Rahmadhani Widyaning Tyas (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Pramesti Cahya Saputri (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sri Katoningsih (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
10 May 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran secara konvensional, oleh karena itu diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Pembelajaran secara online adalah salah satu alternatif paling tepat yang dapat mengatasi masalah pandemi covid-19 saat ini. Karena pada era ini untuk menekan penyebaran virus covid-19 pembelajaran harus dilakukan dengan cara daring atau dalam jaringan. Pembelajaran daring yang dilakukan di rumah menjadi tanggung jawab orang tua dalam pengawasan terhadap anak-anaknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar dampak pembelajaran online terhadap kemampuan komunikasi anak usia dini. Subjek penelitian adalah siswa TK Pertiwi 02 Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar. Data dikumpulkan dengan metode pengamatan, wawancara, dan kuisioner. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, dimana penulis merupakan instrumen utama untuk memperoleh data secara lebih rinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) semua orang tua telah memiliki sarana seperti laptop, smartphone, komputer, dan/atau tablet yang dibutuhkan dalam menunjang pembelajaran online. (2) Adanya dampak dari kebijakan pembelajaran online pada kemampuan komunikasi anak usia dini yaitu kurangnya interaksi anak dengan orang dewasa dan teman sebaya yang mengakibatkan kemampuan komunikasi anak tidak berkembang dengan optimal. (3) pembelajaran online mendorong munculnya perilaku sosial distancing sehingga kurangnya intensitas komunikasi anak dengan teman sebaya, guru dan orang dewasa disekitarnya. Hal tersebut juga mempengaruhi anak dalam segi emosional anak yang mengakibatkan menurunkan motivasi belajar anak selama pembelajaran daring.Kata Kunci: Pembelajaran Online, Anak Usia Dini, Kemampuan Komunikasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tunas-siliwangi

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas Siliwangi Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and Preschool Education study program of STKIP Siliwangi Bandung on current science issues, namely: -Teacher of Early Childhood Education Programs. -Observers and Researchers of Early Childhood Education ...