Tujuan penelitian ini yakni mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran daring di Indonesia pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian menggunakan studi kepustakaan dengan sumber data berupa artikel ilmiah yang membahas tentang pelaksanaan pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19. Teknik analisa data menggunakan analisa kualitatif yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini bahwa mekanisme pembelajaran daring memiliki dampak positif berupa kemandirian siswa dalam belajar, peningkatan aktivitas mencari sumber belajar dan inovasi gaya belajar. Dampak negatif pembelajaran daring berupa rasa jenuh serta penurunan minat belajar akibat kegagalan siswa dan guru dalam mengatasi kendala seperti sarana penunjang yang tidak memadai, ketiadaan kuota internet dan sinyal internet yang buruk. Tantangan yang dihadapi oleh siswa dan guru selama pembelajaran daring yakni ketersediaan sarana penunjang, strategi pembelajaran yang inovatif dan sinergisitas antara komponen pendidikan. Pembelajaran daring berpeluang untuk terus dilaksanakan dengan system blended learning guna menciptakan ekosistem pembelajaran digital yang efektif dan efisien
Copyrights © 2021