Lembaran Ilmu Kependidikan
Vol 50, No 1 (2021): April: Curriculum and Learning, Technology and Innovation in Education

Pembelajaran Daring Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Padlet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Widyanto, Prasetyo (Unknown)
Wardani, Naniek Sulistya (Unknown)
Permana, Intan (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 menggunakan model Think Talk Write berbantuan media Padlet. Penggunaan Padlet pada model pembelajaran Think Talk Write bermaksud untuk menciptakan pembelajaran yang memfasilitasi untuk belajar secara mandiri dan berkolaborasi dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Kalicacing 02 tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Think Talk Write berbantuan Padlet dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring. Rata-rata hasil belajar siswa pada tiap siklus selalu meningkat. Awalnya hasil tes kemampuan menalar siswa pada Pra Siklus hanya mencapai 53,6, kemudian terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 65,7, pada Siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 77,8.

Copyrights © 2021