Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Memperoleh data perihal faktor pendorong dan penghambat pengembangan objek wisata Ie Seuum, dan (2) Mengkaji strategi pengembangan apa saja yang harus dilaksanakan pemerintah Aceh Besar dalam pengembangan objek wisata Ie Seuum dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, kemudian untuk memperoleh strategi pengembangan dilakukan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa faktor pendorong pengembangan objek wisata Ie Seuum yaitu: (1) Panaroma alam, (2) Tersedianya sumber air panas, (3) Kondisi keamanan, (4) Keramahtamahan masyarakat, (5) Sarana dan prasarana, (6) Keanekaragaman atraksi dan kearifan lokal, dan (7) Suasana yang nyaman. Sedangkan faktor penghambat, yaitu: (1) Keterbatasan dana, (2) Kurangnya tenaga profesional, (3) Promosi yang kurang, (4) Jalan yang kurang baik, (5) Lokasi yang jauh dari pusat kota, (6) Program pengembangan yang masih sederhana, (7) Jaringan komunikasi, dan (8) Termasuk dalam kawasan hutan lindung. Strategi pengembangan yang harus dilakukan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan yaitu (1) Meningkatkan promosi melalui media cetak dan elektronik dengan memperhatikan kuantitas dan kualitas materi promosi; (2) Memperbaiki, memelihara dan meningkatkan sarana dan prasarana; dan (3) Menjalin hubungan kerjasama dengan investor dan para pelaku pariwisata.Kata Kunci:Potensi, Strategi Pengembangan, Pariwisata, Objek Wisata
Copyrights © 2021