KOMUNIKATA57
Vol 2 No 2 (2021): KOMUNIKATA57

IDENTITAS MAHASISWA UHAMKA DALAM MEDIA PEMBELAJARAN DARING

Titin Setiawati (Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka)
Vilya Dwi Agustini (Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2021

Abstract

Fokus penelitian ini adalah menganalisis penggunaan identitas mahasiswa dalam media pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 366 mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka dari berbagai angkatan yang merupakan pengguna media pembelajaran daring, baik media pembelajaran daring resmi dari kampus (Online Learning Uhamka, biasa disebut OLU) maupun media pembelajaran daring lain. Kajian ini menemukan bahwa dalam media pembelajaran daring resmi dari kampus mahasiswa memiliki kecenderungan lebih besar untuk menggunakan nama asli sebagai identitas, sementara dalam media pembelajaran daring yang bukan merupakan media pembelajaran daring resmi dari kampus kecenderungan untuk menggunakan nama asli lebih kecil, tetapi berbanding terbalik, pada penggunaan photo, penggunaan photo diri asli memiliki kecenderungan lebih kecil pada media pembelajaran resmi dari kampus dibanding media pembelajaran daring lain.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

komunikata57

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal Sains Komunikata57 (the Scientific Journal of KOM57) is a bilingual journal of communication studies which publish particularly articles on Public Relations, Advertising & Marketing Communication, Media and Political Communication, Intercultural Communication, and Organizational ...