KOMUNIKATA57
Vol 3 No 1 (2022): KOMUNIKATA57

REPRESENTASI STEREOTIP PEREMPUAN DALAM FILM PENDEK “TILIK” KARYA WAHYU AGUNG PRASETYO

Mescha Ayu Bernadette L Toruan (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)
Retno Dyah Kusumastuti (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2022

Abstract

“Tilik” adalah film pendek yang di sutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Pemerintah Provinsi Jogjakarta dan diproduksi oleh Rancavana Film yang kemudian di unggah ke kanal Youtube pada tanggal 17 Agustus 2020 adalah sebuah film yang bercerita mengenai perilaku dari sebuah perjalanan rombongan ibu-ibu yang sedang ingin menjenguk Bu Lurah. Film ini menjadi banyak dibincangkan di media sosial karena naskah yang disajikan penggambarannya sangat dekat dan relevan dengan apa yang terjadi di kehidupan sehari-hari sebagaimana ibu-ibu digambarkan ketika berdialog terutama Bu Tejo sebagai ibu-ibu suka bergosip dan bermulut pedas dan juga mengenai ibu-ibu yang masih menelan mentah-mentah informasi yang didapat dari internet. Penelitian ini ingin mengungkapkan representasi perempuan dalam Film Pendek “Tilik” Karya Wahyu Agung Prasetyo dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Adapun hasil dari penelitian adalah film “Tilik” ingin merepresentasikan perempuan yang bertolak belakang dengan perspektif feminisme karena masih menggambarkan ideologi patriarki yang ada dalam perempuan dimana digambarkan perempuan yang tunduk pada suami, menganggap perempuan tidak layak jadi pemimpin, dan bagaimana perempuan menunjukkan sifat sensitif emosionalnya, perempuan yang suka bergosip, perempuan misogini, dan perempuan yang menunjukkan sifat agresif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

komunikata57

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal Sains Komunikata57 (the Scientific Journal of KOM57) is a bilingual journal of communication studies which publish particularly articles on Public Relations, Advertising & Marketing Communication, Media and Political Communication, Intercultural Communication, and Organizational ...