COMMICAST
Vol. 2 No. 1 (2021): March

Jogja Digital Valley's persuasive communication strategy in improving the potential of digital creative industry in Yogyakarta

Saputri, Aprilia Ayu (Unknown)
Fajri, Choirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2021

Abstract

Pemanfaatan teknologi digital saat ini bukan hal baru lagi. Tidak hanya sebagai sarana komunikasi tetapi juga untuk mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia, sehingga muncul istilah industri kreatif digital. Industri kreatif digital adalah pemanfaatan kreativitas dan keterampilan individu dalam menciptakan kesejahteraan dan lapangan kerja dengan memanfaatkan teknologi digital. Dengan berkembangnya industri kreatif digital, banyak perusahaan yang berlomba-lomba mengoptimalkan potensi industri kreatif digital sebagai tujuannya. Salah satunya TELKOM yang mendirikan Jogja Digital Valley sebagai fasilitator perkembangan industri kreatif digital di Yogyakarta. Oleh karena itu, harus ada strategi komunikasi yang persuasif dalam mencapai tujuan tersebut. Selanjutnya,Penelitian kualitatif ini mengungkap fenomena yang terjadi secara mendalam dan diperkuat dengan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan sistem pengisian dimana data digabungkan dengan teori-teori yang ada kemudian divalidasi melalui triangulasi dengan pengecekan data dari berbagai sumber.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif yang dilakukan Jogja Digital Valley dalam meningkatkan potensi industri kreatif digital di Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian, Jogja Digital Valley menerapkan strategi komunikasi persuasif dengan menggunakan elemen AIDDA. Dalam strategi komunikasi persuasif, salah satunya dengan melaksanakan beberapa program yang target audiensnya adalah para pelaku industri kreatif digital dengan memanfaatkan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jogja Digital Valley menerapkan strategi komunikasi persuasif yang efektif untuk meningkatkan potensi industri kreatif digital di Yogyakarta.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

commicast

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Commicast is an online, multi-media, academic journal that adheres to the highest standards of peer review and engages established and emerging scholars from anywhere in the world. Commicast is an interdisciplinary journal that, while centered in communication, literature and culture, is open and ...