Tujuan penelitian ini adalah menyusun strategi pengembangan obyek wisata Asrama Inggrisan sebagai daya tarik heritage tourism di Banyuwangi.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptip kualitatif dengan evaluasi faktor insternal dan eksternaal (IFE) dan (EFE), matrik internal external (IE) dan matrik SWOT. Strategi pengembangan yang dihasilkan antara lain mengembangan Asrama Inggrisan sebagai ikon tujuan heritage tourism; memanfaatkan bangunan Asrama Inggrisan sebagai sarana dan media edukasi bukti peninggalan stasiun kabel telegraf bawah laut zaman Belanda; menjalin kerjasama antara Pemkab Banyuwangi dengan Departemen Pertahanan TNI-AD, komunitas sejarahwan, masyarakat lokal, guide dan sektor bisnis untuk mengoptimalkan dan memperhatikan pengelolaan guna menjaga kelestarian obyek wisata heritage; melakukan revitalisasi Asrama Inggrisan untuk menjaga aset peninggalan heritage;mencipakan sinergisme dalam pengelolaan dan pelestarian cagar budaya Asrama Inggrisan; menggali lebih dalam potensi sejarah yang ada untuk diwujudkan menjadi atraksi wisata yang berbeda; menghimbau masyarakat maupun pengunjung untuk tidak melakukan perusakan/vandalism; melaksanakan workhsop/lokakarya perspektif untuk pengelolaan dan pengembangan Asrama Inggrisan sebagai penunjang kegiatan wisata heritage; melengkapi fasilitas, sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan wisata heritage; dan mengoptimalkan perawatan dan pengelolaan bangunan Asrama Inggrisan.
Copyrights © 2020