Journal of Sport Science And Physical Education (JOSEPHA)
Vol 3, No 1 (2022)

PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR

epesus supri widia (STKIP Pamane Talino)
Erna Yantiningsih (STKIP Pamane Talino)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Tujuan Penelitian ini berdasarkan dari permasalahan kurangnya minat belajar siswa kelas IV dan V terhadap materi pembelajaran permainan tradisional. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa kelas IV dan V terhadap pembelajaran permainan tradisional di Sekolah Dasar Negeri 15 Tebedak Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman siswa kelas IV dan V terhadap pembelajaran permainan tradisional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri 15 Tebedak Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak yang berjumlah 42 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan pemaparan data dalam bentuk angket.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemahaman Siswa Kelas IV dan V Terhadap Pembelajaran Permainan Tradisional Sekolah Dasar Negeri 15 Tebedak Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak paling banyak pada kategori cukup baik. Secara rinci persentase hasil penelitian adalah masuk dalam kategori sangat Baik sebanyak 5 anak atau sebesar 12,00 %, kategori Baik sebanyak 15 siswa atau sebesar 35,71 %, kategori Cukup baik sebanyak 18 siswa atau sebesar 42,86 %, dan kategori Tidak Baik sebanyak 4 siswa atau sebesar 9,53%.Kata Kunci: Pemahaman, Siswa Kelas IV dan V, Pembelajaran Permainan Tradisional

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JOSEPHA

Publisher

Subject

Education

Description

This journal focuses on the research of a study on Sport and phisycal education. We facilitate the lecturers, researchers and teachers and welcome articles resulted from research or theoretical review. It is hoped that all of those articles can be beneficial for all of the readers. It is published ...