Tujuan Penelitian ini berdasarkan dari permasalahan kurangnya minat belajar siswa kelas IV dan V terhadap materi pembelajaran permainan tradisional. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa kelas IV dan V terhadap pembelajaran permainan tradisional di Sekolah Dasar Negeri 15 Tebedak Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman siswa kelas IV dan V terhadap pembelajaran permainan tradisional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri 15 Tebedak Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak yang berjumlah 42 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan pemaparan data dalam bentuk angket.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemahaman Siswa Kelas IV dan V Terhadap Pembelajaran Permainan Tradisional Sekolah Dasar Negeri 15 Tebedak Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak paling banyak pada kategori cukup baik. Secara rinci persentase hasil penelitian adalah masuk dalam kategori sangat Baik sebanyak 5 anak atau sebesar 12,00 %, kategori Baik sebanyak 15 siswa atau sebesar 35,71 %, kategori Cukup baik sebanyak 18 siswa atau sebesar 42,86 %, dan kategori Tidak Baik sebanyak 4 siswa atau sebesar 9,53%.Kata Kunci: Pemahaman, Siswa Kelas IV dan V, Pembelajaran Permainan Tradisional
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022