Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Vol 2, No 1 (2020): Vol. 2, No.1, Juli 2020

GAYA BAHASA PUISI KARYA SISWA DAN PENGARUH MINAT BACA PUISI DALAM PENGUASAAN GAYA BAHASA DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA

Delvia Anggita Pradana (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Istiqomah Istiqomah (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan gaya bahasa puisi karya siswa dan pengaruh minat baca puisi dalam penguasaan gaya bahasa di SMP Muhammadiyah 5 Suarakarta. Hipotesis penelitian ini adalah (1) menganlisis gaya bahasa pada puisi karya siswa, (2) pengaruh minat baca puisi dalam penguasaan gaya bahasa. Penelitian ini menggunkan teori gaya bahasa dari Gorys Keraf dan Targian. Penelitian ini menggunkan metode penelitian diskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 20 siswa SMP Muhammdiyah 5 Surakarta. Jenis data yang dipakai dalam penyusunan penelitian adalah sumber data tertulis. Penelitian ini dilakukan dengan cara mencari, mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data hasil penelitian. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian di lapangan berupa puisi karya siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti dapat menyimpulkan gaya bahasa yang digunkan dalam puisi karya siswa gaya bahas hiperbola, gaya bahasa simile, gaya bahasa repetisi, dan minat baca puisi sangat berpengaruh dalam penguasaan gaya bahasa. Siswa yang suka membaca puisi bahasa yang digunakan lebih indah dan mengadung gaya bahasa. Gaya bahasa digunakan untuk memperindah puisi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bppp

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Lingkup kajian Buletin ini adalah kegiatan pengenalan lapangan persekolahan yang berupa: 1. Penyusunan perangkat pembelajaran; 2. Pengembangan perangkat pembelajaran; 3. Implementasi perangkat pembelajaran; 4. Inovasi pembelajaran; 5. Pengenalan model-model pembelajaran; 6. Asistensi guru mengajar; ...