Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Vol 2, No 2 (2020): Vol. 2, No.2, Desember 2020

Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika

Azzah Amany (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Pembelajaran daring menjadi satu-satunya jalan untuk tetap melaksanakan pendidikan pada masa pandemic covid-19. Untuk melihat keberhasilan pembelajaran daring diperlukan evaluasi pembelajaran secara daring melalui berbagai media online salah satunya yaitu Quizizz. Quizizz memiliki fitur yang memadai untuk dijadikan sebagai media evaluasi pembelajaran daring seperti kuis dan penilaian harian. Namun, kebanyakan orang hanya memanfaatkan Quizizz hanya sebagai game pembelajaran saja padahal melalui Quizizz dapat dilakukan berbagai macam evaluasi pembelajaran yang formal seperti kuis, penilaian harian, survei dan sebagainya. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bahwa Quizizz dapat dijadikan media evaluasi pembelajaran formal seperti ujian atau penilaian harian khususnya pada pelajaran matematika. Metode penelitian ini yaitu literature review, observasi, dan wawancara dengan guru mata pelajaran matematika di SMPIT AR Rahmah Pacitan. Hasil penelitian berdasarkan literature review, pelaksanaan ujian atau penilaian harian dapat dilakukan melalui Quizizz dengan mengoptimalkan penggunaan fitur pada Quizizz salah satunya yaitu Live Quiz. Evaluasi pembelajaran melalui Quizizz dapat memudahkan guru dalam melakukan penilaian secara detail dan obyektif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bppp

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Lingkup kajian Buletin ini adalah kegiatan pengenalan lapangan persekolahan yang berupa: 1. Penyusunan perangkat pembelajaran; 2. Pengembangan perangkat pembelajaran; 3. Implementasi perangkat pembelajaran; 4. Inovasi pembelajaran; 5. Pengenalan model-model pembelajaran; 6. Asistensi guru mengajar; ...