Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Vol 2, No 2 (2020): Vol. 2, No.2, Desember 2020

Apersepsi Berbasis Lingkungan Sekitar sebagai Pemusatan Fokus Pembelajaran Biologi Selama Pembelajaran Daring

Fitria Rahma Octaviani (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Anita Tri Murniasih (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Dyah Kusuma Dewi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Lina Agustina (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Apersepsi merupakan proses penting dalam memulai suatu pembelajaran. Dikarenakan apersepsi merupakan suatu proses yang bertujuan untuk membangun pemahaman dan mengontruksikan pemikiran serta upaya dalam memfokuskan perhatian siswa sebagai langkah awal dalam pembelajaran. Tujuan penelitian pada artikel ini adalah mendeskripsikan mengenai apersepsi berbasis lingkungan sekitar sebagai pemusatan fokus pembelajaran biologi selama pembelajaran daring, dan menganalisis keefektifan penggunaan apersepsi berbasis lingkungan sekitar sebagai pemusatan fokus pembelajaran biologi selama pembelajaran daring. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif. Dengan fokus penelitian pada penggunaan apersepsi berbasis lingkungan sekitar sebagai pemusatan fokus pembelajaran biologi selama pembelajaran daring. Keabsahan data dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dengan metode analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan apersepsi berbasis lingkungan sekitar dalam upaya pemusatan fokus pembelajaran biologi lebih efektif selama pembelajaran daring serta penggunaan lingkungan sekitar sebagai bahan apersepsi dapat menjadikan siswa lebih mudah dalam memulai pembelajaran biologi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bppp

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Lingkup kajian Buletin ini adalah kegiatan pengenalan lapangan persekolahan yang berupa: 1. Penyusunan perangkat pembelajaran; 2. Pengembangan perangkat pembelajaran; 3. Implementasi perangkat pembelajaran; 4. Inovasi pembelajaran; 5. Pengenalan model-model pembelajaran; 6. Asistensi guru mengajar; ...