Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kegiatan mendengarkan lagu bahasa inggris yang sedang menjadi tren masa kini menjadi suatu upaya meningkatkan pronunciation siswa kelas VII di SMP 2 Gatak, Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Data dianalisis secara interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan data yang terkumpul, kemudian didiskripsikan dan dianalisis. Penulis dapat menarik kesimpulan bahwa 1) mendengarkan musik saja bisa berpengaruh baik untuk meningkatakan pronounciation siswa di SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo; 2) hambatan pihak sekolah dalam meningkatkan pronounciation bahasa inggris dengan benar siswa SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo; dan 3) upaya pihak sekolah untuk meningkatkan pronounciation bahasa inggris dengan baik dan benar.
Copyrights © 2020